6 Keunggulan Bitcoin Sebagai Uang Digital

6 Keunggulan Bitcoin Sebagai Uang Digital – Bitcoin adalah mata uang elektronik yang ditemukan Satoshi Nakamoto di tahun 2009. Mata uang yang satu memang layak sebagai mata uang ajaib, bagaimana tidak? nilainya terus meroket dari mungkin bisa dikatakan tidak berharga saat pertama kali ditemukan hingga kini memiliki nilai tukar 16 juta rupiah per BTC. Bitcoin merupakan mata uang yang nilai tukarnya tidak terpengaruh dengan turun naik nilai tukar mata uang konservatif dunia. Bitcoin ┬ámemang dirancang untuk selalu mengalami deflasi sehingga nilainya akan terus meningkat. Bitcoin dijalankan oleh database yang tersebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, kriptografi digunakan untuk memastikan keamanan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat digunakan oleh pemiliknya dan hanya bisa digunakan satu kali.

6 Keunggulan Bitcoin Sebagai Uang Digital

1. Tidak Ada Keterlibatan Pihak Ketiga

Karena salinan database transaksi yang rumit sangat sulit untuk mengakses bitcoin tanpa seijin pemiliknya. Bahkan pemerintah tidak akan bisa menyita bitcoin kecuali memaksa pemilik bitcoin untuk mengirim bitcoin dari akun walletnya. Ini berarti bahwa pemerintah tidak dapat membekukan kekayaan seseorang pemilik bitcoin, dan karenanya pengguna bitcoin akan memiliki kebebasan penuh untuk melakukan apapun yang mereka inginkan dengan uang mereka.

2. Tidak ada pajak

Tidak ada cara bagi pihak ketiga untuk mencegat transaksi bitcoin oleh karena itu tidak ada cara yang layak untuk menerapkan sistem perpajakan Bitcoin. Jikapun adapun satu-satunya cara untuk membayar pajak adalah  secara membayar sukarela mengirimkan persentase dari jumlah yang dikirim sebagai pajak.

3. Tidak ada pelacakan

Jika pengguna tidak pernah mempublikasikan alamat dompet mereka secara terbuka maka tidak akan ada yang dapat melacak transaksi kembali akun pengguna tersebut. Tak seorang pun selain pemilik dompet yang akan tahu berapa Bitcoins yang mereka miliki. Bahkan jika alamat dompet dipublikasikan, alamat dompet baru dapat dengan mudah dibuat sehingga meningkatkan privasi pengguna bila dibandingkan dengan sistem mata uang tradisional dimana pihak ketiga berpotensi memiliki akses terhadap data keuangan pribadi.

4. Tidak ada biaya transaksi

Mengirim dan menerima Bitcoin mengharuskan pengguna untuk menjaga agar klien Bitcoin berjalan dan terhubung ke node lain. Intinya, dengan menggunakan pengguna bitcoin akan berkontribusi ke jaringan, dan dengan demikian berbagi beban otorisasi transaksi. Berbagi pekerjaan ini sangat mengurangi biaya transaksi, sehingga biaya transaksi bisa diabaikan.

5. Tidak ada risiko

Begitu Bitcoin dikirim transaksi tidak bisa dibatalkan. Karena alamat kepemilikan Bitcoin akan diubah menjadi pemilik baru, setelah diubah tidak mungkin untuk dibatalkan. Karena hanya pemilik baru yang memiliki kunci pribadi terkait dan bisa mengubah kepemilikan koin. Hal ini memastikan bahwa tidak ada risiko yang terlibat saat menerima Bitcoin.

6. Bitcoin Tidak Bisa Dicuri

Alamat kepemilikan Bitcoin hanya bisa diubah oleh pemiliknya. Tidak ada yang bisa mencuri Bitcoin kecuali mereka memiliki akses fisik ke komputer pengguna, dan mereka mengirim bitcoin ke akun mereka. Tidak seperti sistem mata uang konvensional, di mana hanya beberapa detail otentikasi yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke keuangan, sistem ini memerlukan akses fisik, yang membuatnya lebih sulit untuk dicuri.

Berikut 6 keunggulan bitcoin sebagai uang digital, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *