Obat Darah Tinggi Alami Efek Samping Minimum

Obat Darah Tinggi Alami Dengan Efek Samping Minimum – Hipertensi atau juga yang sering dikenal sebagai tekanan darah tinggi adalah kondisi medis jangka panjang dimana tekanan darah di arteri terus meningkat. Tekanan darah ditentukan dengan dua pengukuran, yaitu pengukuran tekanan sistolik dan diastolik. Normalnya kisaran tekanan keadaan santai atau tidak dalam setelah berolahraga adalah 100-140 mmHg sistolik dan 60-90 mmHg diastolik, jika di atas angka tersebut maka dikatakan sebagai keadaaan hipertensi. Darah tinggi menjadi penyakit berbahaya karena tidak memiliki gejala yang signifikan secara kasat mata, penyakit ini hanya dapat dideteksi jika pasien melakuakan pemeriksaaan menggunakan tensimeter. ┬áHipertensi juga merupakan faktor risiko utama untuk penyakit arteri koroner, stroke, gagal jantung, penyakit vaskular perifer, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal kronis.

Hipertensi dibagi sebagai tekanan darah primer atau tekanan darah tinggi sekunder. Sekitar 90-95% kasus primer disebabkan gaya hidup nonspesifik dan faktor genetik. Gaya hidup seperti kelebihan garam, obesitas, merokok, dan konsumsi alkohol dapat meingkatkan resiko hipertensi. Sedangkan tekanan darah tinggi sekunder adalah tekanan darah tinggi dengan penyebab yang sudah dapat diprediksi seperti penyakit ginjal kronis, penyempitan arteri ginjal, kelainan endokrin, atau konsumsi pil KB. Tekanan darah tinggi mempengaruhi antara 16 sampai 37% populasi di seluruh dunia. Pada tahun 2010 hipertensi diyakini telah menjadi faktor dalam 18% dari semua kematian (9,4 juta di seluruh dunia).

Hal ini yang mendasari berkembangnya obat kimia untuk menjagatekanan darah tinggi dengan berbagai macam mekanisme farmakologi yang berbeda-beda. Antara lain adalah obat hipertensi dengan mekanisme ACE inhibitor, calcium chanel blocker, beta blocker, dan obat golongan diuretik. Namun efek samping yang disebabkan obat-obat tersebut dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Efek samping yang terjadi dapat bermacam mulai dari asam urat, insomnia, bahkan sampai kerusakan hati. Tentu anda tidak ingin menanggung efek samping yang membahayakan tubuh bukan ? Jika demikian maka berikut beberapa obat darah tinggi dengan efek samping yang minimal untuk membantu menjaga tekanan darah anda :

Obat Darah Tinggi Alami Dengan Efek Samping Minimum

1. Daun Seledri

(Nahida,2011) menjelaskan seledri memiliki mekanisme farmakologi diuretik yang dapat menjaga tekanan darah pasien hipertensi agar tetap normal. Sejarah penggunaan seledri sebagai obat darah tinggi sangat lah panjang, dalam pengobatan cina seledri digunakan sebagai obat anti hipertensi bahkan dari beribu-ribu tahhun lamanya. Jika anda tidak suka mengkonsumsi dalam bentuk jus maka anda dapat menambahkan seledri pada sup sebagai penyedap rasa.

2. Kayu Manis

Dalam penelitian yang dilakukan (Akilen R, 2012), kayu manis baik dikonsumsi oleh pasien hipertensi yang juga dengan riwayat penyakit diabetes. Rempah yang sedap ini dapat ditambahkan dalam menu diet anda agar bertambah sedap serta memiliki aroma yang menggugah selera sekaligus juga sebagai anti hipertensi alami.

3. Jahe

Jahe memeang sangat terkenal sebagai penurun tekanan darah, jahe memiliki mekanisme farmakologi untuk merilekskan otot pda pembuluh darah dalam tubuh. Jahe dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang enak sehingga menjadi salah satu rempah favorit masyarakat Indonesia.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu pokok dalam setiap masakan indonesia, namun tahukah anda?. Ternyata bawang putih bermanfaat untuk merilekskan otot saluran darah sehingga memiliki efek farmakologi menurunkan tekanan darah.

5. Oat

Oat yang memiliki serat alami yang baik untuk mengurangi kolestrol juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah baik tekanan darah sistolik maupun diastolik.

6.Teh Hijau Dan Teh Oolong

Tanaman ini selain enak diminum saat santai juga dikenal di cina sebagai tanaman yang dapat membantu menurunkan tekanan darah pasien hipertensi.

Berikut beberapa obat darah tinggi alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi secara perlahan dan aman. Jika tekanan darah anda tidak turun segera konsultasikan dengan dokter anda, terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *